Cara Berhenti Merokok :Tips Berhenti Merokok







Cara Berhenti Merokok - Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. (Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Rokok)

Di zaman sekarang ini pengguna rokok semakin meningkat seiring meningkatnya produksi rokok yang ada. setiap orang bisa menghabiskan sebungkus hingga dua bungkus rokok perharinya, walaupun tanpa di sadari kandungan rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Pengguna rokok pun tidak terbatas di kalangan pria saja, bahkan saat ini sudah banyak sekali wanita yang juga senang merokok, bukan hanya wanita, anak-anak di bawah umur pun sudah banyak yang mulai belajar merokok akibat kurangnya pengetahuan tentang bahaya rokok.

Kalau anda adalah orang yang termasuk pengguna rokok atau perokok berat Berikut tips dan cara berhenti merokok yang mungkin bisa membantu anda berhenti merokok atau setidaknya mengurangi pemakaian rokok :

1. Niat dan Kemauan

Segala sesuatu tentunya harus diawali dengan niat, karena tanpa niat, akan sulit untuk memulai sesuatu. Anda harus berniat untuk berhenti merokok dengan mempertimbangkan kesehatan anda dan keluarga anda yang menghisap asap rokok anda. Kemauan, kemauan yang kuat juga merupakan salah satu faktor pendukung agar anda bisa memulai hidup sehat dengan berhenti merokok.

2. Mengurangi penggunaan rokok

Maksudnya anda harus mengurangi pemakaian rokok anda perharinya, karena tidak mungkin anda langsung bisa untuk berhenti merokok secara total. Kalau anda merokok setiap hari 20 batang rokok, maka anda harus bisa menguranginya menjadi 15 batang rokok perhari, setelah anda terbiasa dengan 15 batang rokok perhari, selanjutnya anda kurangi lagi menjadi 10 batang rokok perhari, dan lakukan itu sampai anda bisa berhenti merokok secara total jadi lakukanlah secara perlahan dan bertahap.

3. Minum kopi sebagai pengganti rokok

Kopi mungkin juga tidak terlalu baik untuk kesehatan, tapi setidaknya kopi ini bisa menggantikan rokok sebagai penghilang penat dan stress. Anda tentunya tahu fungsi rokok itu bisa mengurangi stress dan menenangkan saraf anda, begitu pula dengan kopi, kopi tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan di bandingkan dengan rokok, jadi bisa menjadi alternatif penghilang stress untuk menggantikan rokok, tapi dengan satu catatan anda juga jangan terlalu berlebihan meminum kopi, jadi kopi hanya untuk sementara untuk menggantikan rokok dan setelah anda bisa berhenti merokok anda pun harus mengurangi meminum kopi.

4. Terapi

Anda bisa mengunjungi pusat terapi khusus perokok atau anda bisa konsultasi dan terapi kepada dokter yang ahli di bidangnya. Biasanya anda akan di berikan terapi secara bertahap dan di berikan alternatif untuk menggantikan rokok, cara ini memang harus mengeluarkan biaya, tapi apalah arti uang di banding kesehatan anda.

5. Pelajari bahaya rokok

Anda sebaiknya harus mempelajari tentang bahaya merokok bagi kesehatan anda, maka dengan begitu setiap kali anda akan merokok anda akan ingat tentang bahaya rokok tersebut dan berpikir ulang untuk merokok lagi. 

6. Video tentang bahaya rokok

Berikut adalah video tentang bahaya rokok yang saya temukan di youtube, saya yakin kalau anda melihat video ini anda akan berpikir lagi untuk merokok.





7. Ingat bahaya rokok bagi kesehatan

Seperti yang tertulis di bungkusan rokok “MEROKOK DAPAT MEYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”, sebaiknya bagi anda perokok harus sering-sering ingat tentang bahaya rokok tersebut, sebab nanti di hari tua anda menjelang usia 50 tahun anda akan merasakan dampak buruk dari merokok, mulai dari batuk yang tidak berhenti, sesak nafas, mudah lelah, dan sebagainya.

8. Pikirkan masa depan anda dan keluarga anda

Anda harus berpikir tentang masa depan anda dan keluarga anda, jika anda merokok setiap harinya tentunya anda akan mengurangi uang jajan untuk anak dan istri anda, anda juga akan menyusahkan mereka jika anda sudah tua, berpenyakitan, dan mereka harus rela berjuang untuk biaya pengobatan anda karena penyakit yang di sebabkan rokok ini.

Sebenarnya masih banyak cara untuk berhenti merokok, namun saya hanya bisa menuliskan sebagian kecilnya saja, setidaknya bisa membantu anda untuk hidup lebih sehat dengan berhenti merokok. Saya sering mendengar orang berkata “merokok tidak merokok sama-sama bakal mati juga”, itu pendapat yang betul, tapi bedanya di usia senja nanti orang yang merokok akan merasakan dampak negatif dari rokok tersebut, mulai dari kanker, penyakit paru-paru, pernafasan, jantung dan lain-lain. Sedang yang bukan perokok di usia senja akan berkurang potensinya untuk mengidap berbagai penyakit tersebut. Jadi intinya perokok menjelang wafatnya akan lebih menyusahkan diri dan akan merasa kesakitan dengan segala penyakit komplikasi akibat rokok yang di gunakan semasa mudanya.

thumbnail
Judul: Cara Berhenti Merokok :Tips Berhenti Merokok
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz