Gejala-gejala Penyakit Tipes

Gejala-gejala Penyakit Tipes - Tipes, tyfus, atau demam tifoid adalah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang diberi nama "Salmonella enterica" atau "Salmonella Typhi". Penyakit ini sudah sangat umum ditemukan diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Penularan penyakit ini biasanya melalui makanan atau air yang terkontaminasi oleh tinja.


Gejala-gejala Penyakit Tipes

Secara umum, penyakit ini memiliki gejala cukup mudah dikenali dan dengan kemajuan ilmu kesehatan, penyakit ini sudah bisa diobati. Adapun beberapa gejalanya adalah sebagai berikut :

1. Biasanya penderita yang terinfeksi bakteri Salmonella enterica ini akan mengalami demam 39 sampai 40 derajat celcius dan terus meningkat dengan perlahan.

2. Tubuh menggigil yang biasanya disertai dengan keringat yang banyak.

3. Denyut jantung yang melemah

4. Tubuh yang terasa lemah 

5. Munculnya rasa sakit kepala

6. Nyeri otot seluruh tubuh

7. Nafsu makan menurun atau bahkan kehilangan nafsu makan

8. Konstipasi atau biasa disebut sembelit

9. Sakit perut

10. Muncul flek atau bintik merah di badan (hanya pada kasus tertentu)

Ada baiknya anda jangan meremehkan penyakit ini, gejala penyakit ginjal tersebut di atas mungkin terlihat seperti gejala penyakit lainnya yang ringan, namun jika tidak ditangani penyakit ini bisa berakibat fatal. 

Beberapa obat yang sering digunakan di negara barat untuk mengatasi penyakit ini diantaranya adalah antibiotik seperti ampicillin, kloramfenikol, trimethoprim-sulfamethoxazole, dan ciproloxacin.

Penyakit ini sendiri bisa berlangsung selama tiga sampai empat minggu atau satu bulan, jika tidak ditangani dengan baik akan berakibat kematian. Persentase kematian akibat penyakit ini sendiri tercatat 10% sampai dengan 30% pada penderita yang tidak dirawat atau tidak ditangani dokter..


thumbnail
Judul: Gejala-gejala Penyakit Tipes
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz