Mengenal Penyebab-penyebab Penyakit Jantung

Mengenal Penyebab-penyebab Penyakit Jantung - Jantung adalah organ yang terpenting dalam tubuh mahluk hidup, termasuk juga manusia. Oleh karena itu masalah kesehatan jantung sangatlah penting untuk diperhatikan dan dijaga agar tetap dapat berfungsi secara normal dan sehat.


Jantung merupakan organ yang amat vital dalam tubuh manusia dan juga merupakan sentral pusat penyaluran darah ke seluruh tubuh. Namun apa jadinya jika jantung mengalami masalah, seperti misalnya penyakit jantung. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia.

Penyakit jantung sendiri dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya hal yang tidak bisa dikontrol dan juga hal yang dapat dikontrol. seperti berikut ini :

Penyebab penyakit jantung yang tidak bisa dikontrol :

1. Usia - Pria berusia di atas 45 dan wanita di atas 55 lebih beresiko besar terkena penyakit jantung dibanding dengan orang yang memiliki usia yang lebih muda. Pada usia tersebut arteri dan otot jantung semakin melemah seiring bertambahnya usia dan semakin tuanya organ dalam tubuh manusia. Melemahnya atau rusaknya arteri dan otot jantung disebabkan oleh plak yang semakin banyak dan menumpuk ketika usia manusia sudah tua.

2. Riwayat keluarga - Hal ini juga tidak bisa dihindari, jika anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung bukan tidak mungkin anda juga akan mengalami hal yang sama.

3. Tipe tubuh - Apakah anda mengalami masalah berat badan berlebih? jika iya, maka anda sebaiknya berhati-hati, karena kemungkinan terkena penyakit jantung juga besar bagi anda yang memiliki berat badan berlebih. Mulailah diet dari sekarang.

Penyebab yang terkontrol :

1. Merokok - Perokok adalah salah satu yang paling besar resikonya terkena penyakit jantung. Resikonya hingga 2-4 kali lebih besar akan terkena penyakit jantung. Jadi dari sekarang cobalah untuk berhenti merokok.

2. Diet yang tinggi lemak jenuh, lemak trans, natrium, gula, kolesterol dapat meningkatkan kolesterol dan tingkat tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet terlalu tinggi dalam makanan hewani (daging dan produk susu tinggi lemak) dan terlalu rendah dalam makanan nabati seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan dapat menyebabkan penyakit jantung

3. Aktivitas anda - apakah anda jarang berolahraga, atau anda kurang bergerak? Ini adalah salah satu penyebab penyakit jantung juga. Jika anda jarang melakukan kegiatan fisik, maka secara otomatis peredaran darah anda baik itu ke jantung dan ke seluruh tubuh akan terganggu dan tidak lancar. Masalah seperti ini bahkan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung terhadap anda.
4. Stres - Untuk masalah ini sebaiknya anda mulai memikirkan untuk liburan dan menenangkan pikiran, agar masalah stres ini tidak menjadi penyebab penyakit jantung anda.
5. Alkohol - Kadar alkohol yang anda konsumsi akan sangat cepat meningkatkan resiko anda terkena penyakit jantung, seperti halnya rokok. Jadi mulailah berhenti mengkonsumsi alkohol dan mulailah hidup sehat.


thumbnail
Judul: Mengenal Penyebab-penyebab Penyakit Jantung
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz