8 Cara Merawat Kucing dengan Benar

8 Cara Merawat Kucing dengan Benar - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling banyak disukai, terutama jenis kucing seperti anggora atau kucing persia yang memang memiliki keunikan bulu mereka yang lembut dan unik.

cara merawat kucing

Pemeliharaan kucing sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kita tahu dan merawatnya dengan benar. Ada baiknya perawatan kucing dilakukan secara berkala agar kucing tidak stress atau terserang penyakit yang dapat menyebabkan hal-hal yang fatal seperti kematian misalnya. Untuk perawatannya sendiri anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

1. Pastikan anda membawa kucing anda ke Dokter hewan secara teratur untuk vaksinasi yang diperlukan dan pastikan kucing anda mendapatkan perawatan umum dan secara menyeluruh. Hal ini bisa anda lakukan ketika anda melihat kelainan terhadap kucing anda, misalnya cara berjalannya, pola makan, ataupun kelakuan kucing lainnya yang terlihat aneh bagi anda.

2. Rawatlah bulu serta kulit kucing anda dengan memberikan shampo khusus yang cocok agar bulu dan kulitnya tetap bersih dan bebas kutu atau kotoran yang dapat menyebabkan alergi ataupun penyakit.

3. Pastikan makanan yang anda berikan kepada kucing anda tepat, memberi makan pada waktu yang tepat, dan juga memberi makanan dengan jumlah yang tepat dan teratur. 

4. Sediakan tempat khusus bagi kucing anda untuk melakukan aktivitas alami, seperti tempat untuk memanjat, untuk menggaruk, atau tempat untuk bermain, dengan begitu kucing tidak akan mudah stress, karena melakukan hal alami yang seharusnya dia lakukan.

5. Sediakan tempat buang air khusus untuk kucing anda, biasanya digunakan adalah kotak dengan pasir untuk buang air mereka secara alami.

6. Biasakan untuk mengajak kucing anda keluar jalan-jalan ke taman agar dia merasa segar dan tidak tinggal diam dan hanya berkeliling disekitar  rumah saja.

7. Jika memang anda menyayangi kucing anda, biarkan dia melakukan apa yang seharusnya dilakukan seekor kucing peliharaan. Mungkin kucing anda akan meninggalkan goresan di furnitur atau perabot lainnya dirumah anda, tapi itulah kucing anda harus menyadari dan menerima naluri ilmiah mereka sebagai kucing.

8. Jangan biarkan kucing anda keluar rumah sendirian, kadang mereka tidak bisa menemukan jalan pulang atau bisa saja kucing anda mendapat masalah diluar. Usahakan selalu menemani kucing anda untuk berjalan-jalan.

Masih banyak cara merawat kucing yang bisa anda lakukan, tapi yang terpenting anda merawatnya sepenuh hati dan memberikan yang terbaik jika memang anda adalah seorang pencinta kucing sejati.

thumbnail
Judul: 8 Cara Merawat Kucing dengan Benar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz