Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang benar

Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang benar
Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang benar 
Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang benar - Kebersihan adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan, terutama kebersihan tangan, apalagi sebelum makan, kita harus membersihkan tangan terlebih dahulu dengan cara mencuci tangan yang benar agar terhindar dari berbagai penyakit dan bersih dari kuman dan virus penyebab penyakit.


Membersihkan tangan sebelum makan dapat menghindarkan kita dari resiko terkena berbagai penyakit menular seperti flu (Baca : Cara Mencegah Flu), diare, dan berbagai penyakit lainnya. Bagi yang kurang mengerti bagaimana cara mencuci tangan yang benar, berikut ini seperti yang dikutip dari Livestrong :

Langkah 1

Basahi tangan anda dengan air hangat atau air dingin.

Langkah 2

Gunakan sabun anti kuman pada tangan anda, disarankan menggunakan sabun cair.

Langkah 3

Gosok tangan anda sampai berbusa, dan bersihkan bagian punggung tangan, sela-sela jari, serta kuku untuk membersihkan kotoran sekaligus kuman yang menempel.

Langkah 4

Teruskan menggosok tangan anda seperti pada langkah ketiga selama 20 detik. Jika anda punya anak kecil yang dibantu untuk mencuci tangan, usahakan anda membuatnya nyaman dan mau membersihkan tangan, misalnya dengan menyanyi atau hal-hal yang menyenangkan yang membuat anak anda betah mencuci tangan.

Langkah 5

Ada baiknya setelah selesai menggosok tangan anda, bilaslah dengan air hangat.

Langkah 6

Keringkan tangan anda menggunakan tissu sekali pakai atau handuk bersih.

Langkah 7

Matikan keran air dengan melapisi tangan anda menggunakan handuk atau tissu yang anda gunakan untuk menghindari kontaminasi terhadap kuman yang menempel pada keran air anda.

Demikian Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang benar semoga bermanfaat. Satu hal lagi yang harus kita ingat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi sebisa mungkin sebelum terkena suatu penyakit sebaiknya dicegah terlebih dahulu.

thumbnail
Judul: Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang benar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz