15 Cara Mudah Mencegah Kanker

15 Cara Mudah Mencegah Kanker - Berdasarkan laporan Cancer Research UK mencegah kanker tidak dapat dilakukan seperti halnya mencegah penyakit menular dengan vaksin dan juga tidak semua kanker bisa dicegah. Namun, perubahan gaya hidup seseorang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker ini.

Nah, berikut ini seperti yang dikutip dari healthmeup, berdasarkan saran dari salah satu dokter ahli dari Mumbai, berikut ini adalah 15 cara mudah untuk mencegah kanker atau setidaknya dapat mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya ini.

Cara Mudah Mencegah Kanker
Cara Mudah Mencegah Kanker

1. Stop Merokok

Merokok bahkan hanya dengan satu batang rokok sehari dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru, kandung kemih, ginjal, tenggorokan dan mulut. Maka dari itu agar anda terhindar dari penyakit kanker segeralah berhenti merokok. (Baca : Cara berhenti Merokok )

2. Jangan terlalu sering terkena cahaya Matahari

Meskipun cahaya matahari adalah salah satu sumber vitamin D, namun juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Jadi, jangan terlalu sering berjemur atau membuat kulit anda terkena cahaya Matahari terlalu lama.Anda bisa menggunakan produk untuk melindungi kulit anda dari cahaya matahari langsung.

3. Menjaga berat badan

Obesitas atau kegemukan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker, ada baiknya jika anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan untuk menurunkan berat badan. (Baca : 10 cara menurunkan berat badan )

4. Chek-up ke Dokter

Jika anda memiliki biaya yang cukup anda bisa melakukan check-up ke dokter untuk mendeteksi apakah didalam tubuh anda terdapat sel-sel yang dapat memicu terjadinya  kanker. Deteksi dini sepuluh kali lebih baik dari pada mengobati. Ada baiknya anda lakukan check-up setidaknya sekali setahun.

5. Pilihlah buah-buahan dan sayuran

Mengubah diet Anda dengan menambahkan lima porsi buah dan sayuran untuk diet Anda. Perubahan ini akan membantu untuk menurunkan resiko kanker secara drastis. Sertakan banyak sayuran berdaun hijau segar untuk diet Anda seperti bayam dan mengganti snack biasa Anda dengan semangkuk buah-buahan segar dan berwarna-warni.

6. Terus bergerak

Aktivitas fisik tidak hanya membantu mencegah jenis kanker tetapi juga manfaat kesehatan Anda secara keseluruhan. Jadi, bisa bergerak langsung, bermain olahraga favorit Anda atau latihan setidaknya 30 menit sehari untuk mengurangi resiko penyakit kanker kepada Anda.

7. Hati-hati memilih pembersih tangan dan menggunakan air

Pembersih tangan dalam bentuk sabun atau cair kadang mengandung bahan yang dapat memicu gejala kanker dan merugikan anda. Anda mungkin pernah mendengar tentang zat Anti bakteri triclosan yang terkandung dalam pembersih tangan tau sabun, itu adalah salah satu bahan yang sebenarnya dapat menyebabkan iritasi, gangguan hormon dan bahkan kanker. 

Jadi bersihkan dan cucilah tangan anda dengan sabun yang aman atau gunakan air yang bersih. (Baca : Bagaimana cara Mencuci Tangan yang Benar)

8. Jangan konsumsi alkohol

Alkohol dapat memicu berbagai macam jenis penyakit kanker, jadi jangan pernah mengkonsumsi alkohol apalagi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka panjang. (Baca : Alkohol dapat Mengakibatkan Kanker Hati)

9. Cari tahu riwayat penderita kanker di keluarga anda

Beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, payudara dan ovarium dapat ditularkan kepada keturunan si penderita, maka dari itu anda harus tahu apakah dalam keluarga anda ada riwayat penyakit kanker tersebut dan segera lakukan check-up dan mencegah kanker lebih dini.


10. Tetap bebas Stres

Stres adalah buruk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan karena merupakan salah satu faktor penting, yang memecah sistem kekebalan tubuh Anda dan menempatkan Anda pada risiko tinggi untuk mengembangkan kanker.

11. Gunakan produk teknologi secara aman

Terkadang produk teknologi seperti ponsel sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat merusak sel-sel otak. Menurut Laporan Panel Kanker, frekuensi dapat merusak sel-sel otak dan dapat menyebabkan kanker otak dalam jangka panjang. Gunakan ponsel Anda hanya untuk panggilan pendek atau teks dan menggunakan perangkat hands-free untuk mengurangi efek.

12. Makan lebih sedikit daging

Konsumsi daging terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kanker Anda. sebagai gantinya ada baiknya memilih ikan atau unggas. Jika Anda ingin makan daging maka kurangilah porsinya dan jangan terlalu berlebihan.

13. Cuci buah dan sayur yang ingin anda konsumsi

Buah dan sayur yang anda beli di pasar atau di supermarket terkadang mengandung pestisida yang di semprotkan ke buah atau sayur tersebut, sedang pestisida bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker. sebagai alternatif pilihlah buah dan sayuran organik yang bebas pestisida atau cuci buah dan sayur yang telah dibeli dengan bersih.

14. Hindari scan yang tidak perlu

Meskipun CT scan dan sinar-X adalah salah satu alat diagnostik terbaik yang tersedia, tetapi berlebihan yang dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi terkena kanker. Sinar tinggi dipancarkan dari alat diagnostik ini dapat memicu leukemia, jadi hindari scan yang tidak perlu atau memilih pengganti jika memungkinkan.

15. Perbanyak Meminum air putih
Minum banyak air dan cairan lain mungkin mengurangi risiko kanker kandung kemih dengan cara pengenceran konsentrasi agen penyebab kanker dalam urin dan membantu untuk flush mereka melalui kandung kemih lebih cepat. Jadi mengkonsumsi air yang cukup sepanjang hari untuk mencegah kanker.

thumbnail
Judul: 15 Cara Mudah Mencegah Kanker
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz