Cara Mudah Membuat Barcode Barang

Cara Membuat Barcode barang - Barcode merupakan pola geometris, biasanya berupa garis vertikal yang digunakan untuk memindai barang. Barcode umumnya digunakan pada barang yang dijual di supermarket atau di minimarket untuk mengetahui harganya dengan melakukan scan terhadap barang menggunakan alat scanner khusus.


Barcode sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu Universal Product Code (UPC) dan International Standard Book Number (ISBN). Di Indonesia sendiri ISBN paling sering digunakan untuk produk barang seperti makanan ringan, minuman, buku dan sebagainya.

Bagaimana cara membuat Barcode? Sebenarnya ada 2 cara untuk membuat barcode, yaitu secara online dan juga menggunakan MS Excel. Namun disini akan diberikan tahap dalam membuat barcode secara online, karena lebih praktis dan mudah.

1. Pertama anda harus tahu atau meminta nomor UPC atau ISBN produk  atau perusahaan anda.

2. Jika sudah tersedia nomor ISBN yang akan digunakan, selanjutnya buka http://www.barcodesinc.com/generator/index.php untuk membuat barcodenya. Masukkan nomor ISBN atau UPC produk anda pada kolom "Your Text" seperti pada gambar dibawah ini

Cara Mudah Membuat Barcode

Lalu klik "Generate barcode" seperti yang ditunjuk tanda panah berwarna merah.
Kemudian akan muncul hasil barcodenya seperti pada gambar berikut ini.


Silahkan Klik kanan pada barcode yang telah dibuat seperti yang ditunjuk pada gambar, dan simpan gambar sebagai foto yang kemudian bisa digunakan pada barang.

3. Sekarang anda tinggal melakukan Print terhadap barcode tersebut dan tempelkan ke sampul barang.
Cara membuat barcode ini sangat mudah dilakukan, sebenarnya ada satu cara lagi untuk membuat barcode menggunakan MS Excel, tapi saya kira ini sudah cukup, selain mudah, cepat dan juga tidak bakalan ribet.


thumbnail
Judul: Cara Mudah Membuat Barcode Barang
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz