Tips-tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tips-tips Menjaga Kesehatan Pencernaan
Tips-tips Menjaga Kesehatan Pencernaan
Tips-tips Menjaga kesehatan Pencernaan - Kesehatan pencernaan dapat mempengaruhi kelancaran aktivitas kita, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Terkadang kita sakit perut, kembung, susah BAB, itu semua karena pencernaan kita kurang lancar atau kurang sehat.

Berikut ini tips-tips menjaga kesehatan pencernaan :

1. Ubah kebiasaan makan
Mengunyah terlalu cepat, mengkonsumsi snack secara berlebihan, ataupun diet yagn tidak benar dapat menjadi akibat terganggu nya saluran pencernaan kita yang mengarahkan pada produksi abnormal enzim pencernaan. Ketika makan, tubuh memproduksi 22 jenis enzim dengan bantuan kelenjar ludah, kelenjar lambung, pankreas, dan usus kecil.

2. Konsumsi lebih banyak serat dan air putih
Tak hanya membantu pencernaan, serat juga bisa mencegah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung koroner, wasir, kanker usus besar, dll. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan menjadi sumber utama serat. Air putih juga dapat membantu lancarnya pencernaan dan menambah cairan tubuh.

3. Mengunyah pelan dan lama
Semakin lama kita mengunyah makanan, maka semakin mudah makanan itu dicerna oleh tubuh dan juga dapat menghasilkan enzim lebih  banyak.(Metrotvnews.com)

4. Pilihlah makanan yang sehat dan mudah di cerna
Makanan yang sehat dan mudah dicerna juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan pencernaan, sebab dengan makanan yang sehat usus dan lambung tidak mudah diserang berbagai bakteri penyebab penyakit. 

Sekian  tips-tips menjaga kesehatan pencernaan semoga dapat membantu kita semua untuk hidup lebih sehat dan memiliki pencernaan yang sehat pula.

thumbnail
Judul: Tips-tips Menjaga Kesehatan Pencernaan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan, Tips :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz