7 Cara Menurunkan Kolesterol

7 Cara Menurunkan Kolesterol - Kolesterol dapat merenggut nyawa anda, serangan jantung dan stroke bisa saja mengancam jiwa anda ketika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.


Cara Menurunkan Kolesterol
Cara Menurunkan Kolesterol

Berikut ini seperti yang dikutip dari healthmeup, 7 Cara Menurunkan Kolesterol :

1. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan dalam arteri atau endotelium. Karsinogen dan karbon monoksida yang terkandung dalam rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Oleh karena itu kurangilah atau berhentilah merokok mulai dari sekarang. (baca : cara berhenti merokok).

2. Perbanyak Olahraga

Dalam seminggu baiknya anda sering-sering melakukan olahraga, ini adalah salah satu cara menurunkan kolesterol terbaik. Para ahli menyarankan bahwa setidaknya 40 menit sampai 60 menit latihan olahraga setiap hari membantu dalam menurunkan 5 sampai 10% dari kolesterol LDL dan kolesterol HDL.

3. Kurangi Makanan Berkolesterol tinggi

Ada baiknya anda mengurangi atau menghidari jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi. Silahkan baca : 10 Makanan Tinggi kolesterol yang Harus Dihindari sebagai salah satu Cara menurunkan kolesterol.

4. Kurangi Alkohol

jika anda seorang peminum alkohol, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari sebisa mungkin. Akibat Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol jahat didalam darah anda. 

5. Turunkan Berat Badan

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih, sebaiknya anda menurunkan berat badan anda, sebab tingkat lemak dalam tubuh juga sangat berpengaruh terhadap jumlah kadar kolesterol dalam tubuh.

Obesitas dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai resistensi insulin, suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan benar. Dilepaskan oleh pankreas, insulin ternyata glukosa ke dalam darah dan kemudian menjadi energi. Resistensi insulin sering menyebabkan dua gaya hidup yang paling mengerikan kondisi-satu adalah diabetes dan yang kedua adalah tingginya tingkat kolesterol.

6. konsumsi Bayam

Diyakini bahwa bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan kita dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. 1/2 cangkir makanan ini kaya lutein setiap hari menjaga kita terhadap serangan jantung.

7. Konsumsi Ikan

Ikan mengandung Omega-3.  Hindari serangan jantung, stroke dan kadar kolesterol tinggi dengan bantuan protein ikan yang kaya nutrisi ampuh. contohnya ikan Salmon yang sangat banyak mengandung vitamin serta nutrisi yang baik sebagai cara menurunkan kolesterol.


thumbnail
Judul: 7 Cara Menurunkan Kolesterol
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz